Wednesday, November 3, 2010

Suara Kaum Muda Dari Sikka

Aku Masih Muda... Tolong Jaga Aku!
Karya: Margareth A. T. Alfares
SMA Negeri 1 Maumere

Mentari pagi menguak cakrawala
Tertatih melangkah, mengarungi langit
Memantul cahaya menebar pesona
Mengajak bercanda penghuni jagat

Koy si terumbu karang muda menebar senyum
Memancarkan pelangi dari pucuk-pucuk yang mekar ditimpa sinar surya
Menebar aura bak magnet menarik biota laut bersenda gurau
Ikan-ikan warna-warni hilir mudik mencumbu Koy

Si Toy terpana menatap kagum
Si nelayan kecil tak berkedip dalam hipnotis pesona Koy
Di balik mata kecilnya yang menyipit menahan asin air laut
Ingin bercanda bersenda gurau menikmati hangat Sang Surya pagi
Bersama Koy dan ikan-ikan yang kini riang mencumbu pagi

Terkejut Toy dari pesona senyum memikat Koy
Alam tersentak... Laut bergolak....
Boomm....Byuuurr... Bom meledak
Ulah nelayan tak bertanggung jawab
Membom ikan...menghancurkan biota laut

Si Koy terumbu karang muda menggigil ketakutan
Pandangannya nanar menyaksikan teman-teman dan saudaranya
Di sana... terumbu karang terkoyak... tercerai-berai...
Ikan-ikan mati tak berdaya... Ada yang mati muda tak berguna

Si Koy menatap ketakutan pada Si Toy
Ikan-ikan mengintip dari balik punggung Si Koy
Mata memohon... lirih berbisik...rintih meminta
Aku masih muda... Aku masih ingin hidup dan berguna seribu tahun lagi
Tempat berlindung ikan-ikan, jadi surga bagi penyelam dan juga aset wisata
Pinta Koy dalam bisik lemah... Tolong jaga aku!

No comments:

Post a Comment