Thursday, November 4, 2010

BAB I PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kabupaten Sikka dengan ibu kota Maumere, merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak antara 8º5’ - 8º50’ LS dan 120º40’ – 122º45,5’ BT (http://www.bapppenas.go.id). Luas wilayah lautnya 118.462 km² dan luas terumbu karang di Kabupaten Sikka ±104,92 km² yang terdiri dari terumbu karang tepi (LIPI, 2006). Kabupaten Sikka juga merupakan salah satu daerah di kawasan timur Indonesia yang termasuk dalam wilayah kerja COREMAP II. Di Kabupaten ini terdapat 28 DPL yang berada di desa-desa sasaran program COREMAP II.
Dari hasil survey yang telah dilakukan pada tahun 2006-2009 terlihat bahwa rata-rata presentase tutupan karang di Kabupaten Sikka meningkat 8,75% (Laporan Tahunan COREMAP Sikka, 2009) maka menurut penulis dapat dijadikan sebagai modal wisata bahari. Dari hasil survey tersebut, terdapat lokasi tertentu yang memiliki presentase karang lunak lebih banyak daripada karang keras atau sebaliknya.
Hal ini menyebabkan rasa keingintahuan penulis untuk mengetahui letak perbedaan sehingga presentase karang keras dan karang lunak disuatu lokasi berbeda. Pada penelitian ini, penulis menggunakan beberapa parameter perairan untuk mencari letak perbedaan persebaran dan perbedaan hard dan soft coral.
1.2. Permasalahan
Apakah terdapat kaitan antara parameter perairan terhadap perbedaan persebaran hard dan soft coral?

1.3. Pembatasan Masalah
Pembahasan kami hanya terbatas pada parameter fisik, kimia, dan biologi terhadap pola persebaran hard dan soft coral.

1.4. Tujuan dan Manfaat Penulisan
a. Tujuan
Mengetahui kaitan antara parameter perairan terhadap perbedaan persebaran hard dan soft coral.

b. Manfaat
Memperoleh data serta informasi mengenai pengaruh parameter perairan terhadap pola persebaran hard dan soft coral.

1.5. Hipotesis Penelitian
Dari rumusan masalah yang telah penulis sajikan, dapat penulis katakan bahwa ada hubungan antara parameter perairan terhadap persebaran hard dan soft coral.

No comments:

Post a Comment