Friday, November 5, 2010

Sinopsis Film Nasib Terumbu Karang di Tangan Anda
Selamatkan Terumbu Karang Kita
Indonesia merupakan negara bahari dan termasuk negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di katulistiwa. Garis pantai yang dimiliki indonesia sebesar 85.707 km2. Ini berarti potensi kelautan yang dimiliki oleh Indonesia, seperti terumbu karang, ikan, udang, kepiting sangatlah besar. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus bisa memanfaatkan potensi yang ada dengan pengelolaan yang berbasis lingkungan. Ada sebuah film yang sangat menggugah kita untuk turut melestarikan terumbu karang kita, yakni Nasib Terumbu Karang di Tangan Anda.
Film ini menceritakan tentang kekayaan terumbu karang yang sangat menakjubkan. Beragam jenis biota-biota laut hidup di ekosistem terumbu karang di Indonesia. Pada bagian awal ditayangkan fakta tentang presentase tutupan karang Indonesia yang sudah rusak. Setelah itu dijelaskan tentang pengertian terumbu karang, klasifikasinya, anatomi karang batu dan alga simbiotik yang hidup di dalam polip karang.
Pada bagian kedua diuraikan sedikit mengenai syarat hidup terumbu karang, seperti kedalaman, penetrasi cahaya, arus, dan sebagainya. Terumbu karang sangat membutuhkan cahaya karena terdapat zooxanthella sehingga terumbu karang hanya tumbuh di laut dengan penetrasi cahaya baik. Selanjutnya dijelaskan pula hal-hal yang menyebabkan kerusakan terumbu karang, baik secara langsung maupun tidak langsung, mulai dari kerusakan yang ditimbulkan oleh alam, predator dan yang sangat mengancam yakni pengrusakan oleh manusia. Potensi ekosistem terumbu karang sangat banyak, mulai dari segi ekologi, ekonomi dan lain-lain.
Karena menyadari begitu besarnya potensi terumbu karang yang ada di Indonesia maka digalakkan suatu upaya untuk mengelola dan merehabilitasi terumbu karang yakni dengan membentuk COREMAP (Coral Reef Rehabilitation and Management Program ) yang melibatkan masyarakat pesisir.
Film ini sangat menggugah kita semua agar kita dapat mengerti pentingnya melestarikan terumbu karang. Kalau kita merawat dan memperhatikan alam kita maka alam juga akan menjaga kita. Dengan menjaga dan melestarikan terumbu karang kita, ikan akan berlimpah ruah dan para nelayan pun akan sejahtera. Mari, selamatkan terumbu karang kita demi masa depan anak dan cucu kita. Saat ini belum terlambat jika kita mau berusaha. Save our coral reefs!

No comments:

Post a Comment