Thursday, November 18, 2010

Maaf baru nongol lagi soalnya setelah pulang dari Jakarta, saya disibukkan dengan berbagai kegiatan sekolah. Maklum udah kelas XII.. Hehehehe.. Tetapi sejak pulang dari Jakarta, rasanya kangen sama teman-teman yang waktu itu bersama-sama di LIPI.. Kapan ya baru bisa ketemuan lagi?
Oh ya, waktu hari minggu 18/11-2010 saya sempat pergi ke pantai disuatu tempat di daerah saya, Sikka yang namanya Pati Ahu untuk snorkling. Di sana sangat indah. Terumbu karangnya ada beberapa jenis. mungkin 12-an jenis kalo nggak salah. Ada juga sekitar 5 jenis sponge dan bermacam-macam jenis ikan yang berwarna-warni berenang bersama saya. Awalnya saya sedih karena melihat sebagian besar terumbu karang di sana rusak akibat bom. Banyak sekali terumbu karang yang ukurannya sangat besar sekitar tiga meter-an yang patah begitu saja. Ada juga patahan karang yang tersebar. Tetapi, sekarang sejak masyarakat sadar, tidak ada lagi pengeboman di daerah itu sehingga terumbu karang di daerah itu mulai tumbuh baik. Terumbu karang di sana didominasi oleh table coral, acropora dan sponge.
Yang membuat saya terkesima adalah sebuah koloni sponge yang sangat besar. Mungkin tingginya sekitar dua meter. Selain itu, disetiap bekas patahan karang yang besar ditumbuhi oleh bermacam-macam jenis acropora dengan beragam warna. Sayangnya saya tidak punya underwater camera alias kamera bawah air sehingga saya belum bisa untuk mengabadikan pemandangan yang sangat indah itu. Yang bisa saya abadikan di sana hanyalah pemandangan pantai dan sunsetnya. Indah sekali lho... Sekali-kali anda juga harus datang ke daerah saya, Sikka untuk menikmati panorama bahari yang begitu indah. Tidak kalah sama Bali lho... Bagaimana foto sunsetnya? Bagus kan? Oleh karena itu jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk datang ke Kota Maumere, Kabupaten Sikka di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

No comments:

Post a Comment